Benarkah Rajin Ngemil Kacang Bikin Jantung Jadi Kuat?

Benarkah Rajin Ngemil Kacang Bikin Jantung Jadi Kuat?
Benarkah Rajin Ngemil Kacang Bikin Jantung Jadi Kuat? Kacang tanah adalah salah satu camilan favorit teman minum kopi atau ketika melakukan aktivitas. Tidak hanya camilan, kacang tanah juga kerap dijadikan salah satu bahan baku masakan yang tidak kalah populer.
Sebut saja gado-gado, sate ayam, hingga pecel adalah salah satu olahan kacang tanah yang berbentuk bumbu kental. Tidak ketinggalan selai kacang sebagai teman sarapan roti di pagi hari.
Tidak hanya miliki rasa gurih dan nikmat, kacang tanah juga memiliki sederet nutrisi dan manfaat bagi tubuh. Tetapi sayangnya banyak mitos dan fakta negatif yang juga beredar.
Spesialis gizi klinik Dr Juwalita Surapsari, SpGK menyebut bahwa memang benar kacang tanah memiliki nutrisi baik bagi tubuh.
“Ada 4 kandungan nutrisi utama dalam kacang, pertama sumber protein nabati. Kedua, kacang tanah memiliki 50 persen lemak baik (muva) yang mampu membantu turunkan kolesterol jahat. Ia juga mengandung serat sehingga bikin kenyang lebih lama dan membantu stabilkan gula darah, yang terakhir kacang tanah juga mengandung vitamin B,” ujarnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Senin 17 September 2018.
Lebih lanjut ia juga menyarankan untuk mengonsumsi kacang tanah dengan hanya direbus saja untuk kurangi kadar kolesterolnya.
Berikut ini mitos dan fakta yang beredar seputar kacang tanah, Dr Juwalita meluruskannya;
1. Makan kacang bikin jerawat?
“Mitos. Kalau jerawat sebetulnya terkait masalah hormonal. Makanan yang terkait hormonal biasanya karbo dan tepung. Justru kacang enggak.”
“Fakta. 50 persen kandungan gizi lemak kacang adalah lemak baik (muva) tak jenuh tunggal yang kalau dikonsumsi secara optimal bisa menghambat menumpuknya lemak di dalam pembuluh darah.”
3. Kacang sebabkan perut kembung? 
“Mitos. Kecuali bagi yang memang alergi, dampaknya bisa timbul mual, kembung, sesak napas, gatal, atau yang paling parah dia langsung shock, lemas, hingga tak sadarkan diri. Tensinya langsung turun.”
4. Tinggi kalori?
“Fakta. Kalori satu sendok makan kacang (15 gr) sekitar 75 kkl. Lalu dalam gram bisa mengandung 600 kkl.
5. Kacang bisa sebabkan asam urat?
“Mitos. Sebetulnya asam urat tertinggi ada di jeroan. Kalau kacang-kacangan sebenarnya juga mengandung purin tapi dalam kadar yang aman.”
Nah, itulah beberapa mitos dan fakta yang beredar seputar kacang tanah. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan.

Comments

Popular posts from this blog

Donald Trump Umumkan Tarif Baru 10 Persen Terhadap Impor China

Kisah Sedih Selama 25 Tahun, Wanita Ini Dikurung Ibunya

Dengan Dana Bantuan Kemenkeu, Apakah Masalah BPJS Kesehatan Akan Selesai?