Susu Bubuk Atau Susu Cair, Mana Yang Lebih Baik untuk Anak?

Susu Bubuk Atau Susu Cair, Mana Yang Lebih Baik untuk Anak?
Susu Bubuk Atau Susu Cair, Mana Yang Lebih Baik untuk Anak? ASI adalah makanan utama untuk bayi baru lahir hingga ia mencapai usia 2 tahun. Tetapi, ada juga orangtua yang ingin menyapih anaknya lebih cepat, rata-rata saat bayi usia satu tahun. Menyapih bayi berarti mengganti ASI dengan susu formula, yang tersedia dalam bentuk bubuk maupun cair. Bila Anda masih bingung memilih susu mana yang lebih baik; apakah susu bubuk atau susu cair, sebaiknya pahami ulasannya berikut ini.

Manfaat susu bagi tumbuh kembang anak

Susu memiliki manfaat yang penting untuk pertumbuhan anak, seperti mendukung pertumbuhan dam kesehatan tulang dan gigi. Kandungan nutrisi susu seperti vitamin D, vitamin B12, kalsium, protein, fosfor, serta kalium membantu kinerja organ dan hormon di dalam tubuh anak. Selain itu, susu juga menyediakan kalori yang berguna sebagai sumber energi.
Walaupun menyehatkan, seberapa banyak anak minum susu juga harus diperhatikan. Asupan susu bagi anak-anak adalah dua sampai tiga gelas ukuran 250 ml per hari. Jika berlebihan, maka akan ada tambahan kalori yang bisa membuat berat badan anak bertambah.

Mengenal susu bubuk dan susu cair

Berdasarkan bentuknya, susu di pasaran ada yang dikemas menjadi bubuk kering atau tetap dalam keadaan cair. Susu bubuk berasal dari susu cair yang mengalami proses pemanasan dengan bantuan alat spray drier.
Sementara susu cair memiliki dua jenis, yaitu fresh milk (susu segar) dan juga susu cair olahan. Fresh milk adalah jenis susu yang berasal dari perahan langsung dari hewan ternak penghasil susu, yang bebas dari bahan pemanis atau perasa tambahan.
Berbeda dengan fresh milk, susu cair olahan harus melewati proses pemanasan untuk membunuh bakteri dan diberi tambahan perasa supaya lebih enak dan tahan lama. Susu cair olahan dapat berupa susu UHT, susu pasteurisasi, dan susu lainnya.

Lebih baik susu bubuk atau susu cair?

Kandungan nutrisi susu yang paling utuh ada pada susu cair fresh milk. Sementara susu yang sudah mengalami proses pengolahan dan pemanasan, kadar nutrisinya akan sedikit berubah, salah satunya jumlah kalori.
Adapun lemak pada susu skim milk atau low fat, baik itu bubuk atau cair, jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan fresh milk. Sayangnya, susu fresh milk tidak bisa bertahan lama dan akan cepat basi jika dibandingkan dengan susu cair olahan atau susu bubuk. Beberapa produk susu cair olahan dan susu bubuk juga mangandung bahan tambahan, contohnya penstabil nabati, perisa buah atau pemanis tambahan. Jadi, mana yang lebih baik?
Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, seorang ilmuwan nutrisi, ketika ditemui di Kidzania, Pasific Place, Jakarta Selatan, Jumat (14/9) menuturkan, “Susu bubuk mengalami proses spray drying yang bisa menimbulkan kolesterol teroksidasi. Lebih baik pilih makanan atau minuman yang segar dan alami, contohnya fresh milk.
Susu fresh milk memang lebih lengkap nutrisinya dibanding susu lainnya. Tetapi, bukan berarti produk susu cair olahan dan susu bubuk lainnya tidak sehat. Selama Anda cermat memilih susu dan memberikan susu sesuai asupan, kesehatan anak tetap terjaga. Sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter jauh lebih baik jika Anda ragu menentukan susu mana yang paling baik untuk anak.

Comments

Popular posts from this blog

Donald Trump Umumkan Tarif Baru 10 Persen Terhadap Impor China

Kisah Sedih Selama 25 Tahun, Wanita Ini Dikurung Ibunya

Dengan Dana Bantuan Kemenkeu, Apakah Masalah BPJS Kesehatan Akan Selesai?